Logo Bloomberg Technoz

SBY Soal AHY Lulus Doktor Unair: Saya Tidak Cawe-cawe

Redaksi
07 October 2024 19:10

Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka. (Dok, Setpres RI)
Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka. (Dok, Setpres RI)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memberikan pidato usai putra sulungnya, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menuntaskan sidang terbuka program doktoral di Universitas Airlangga. 

Dalam sambutannya, dia mengatakan, gelar doktoral AHY diraih dengan kerja keras usai menjalani perkuliahan, hingga penyusunan dan mempertahankan disertasi di hadapan para guru besar. Dia memastikan, tak ada intervensi atau pun peran dirinya dalam pemberian gelar doktor kepada AHY.

"AHY ini mendapatkan kehormatan menyandang gelar doktor ini karena jerih payahnya. tidak ada cawe-cawe saya," kata SBY dikutip dari rekaman acara, Senin (07/10/2024).

AHY meraih gelar doktoral usai mengikuti sidang tertutup dan sidang terbuka untuk mempertahankan disertasinya, "Kepemimpinan Transformasional dan Orkestrasi Sumber Daya Manusia Kunci Sukses Menuju Indonesia Emas 2045." Dewan penguji disertasi ini adalah tujuh guru besar yaitu Rudi Purwono, Fendy Suhariadi, Badri Munir Sukoco, Sri Pantja Madyawati, Suparto Wijoyo, Bambang Tjahjadi, dan Mohammad Nuh; serta Nuri Herachwati.

SBY memberikan apresiasi kepada AHY karena mampu menuntaskan kuliahnya meski harus tetap menjalankan tugasnya sebagai Ketua Umum Partai Demokrat serta Menteri Agraria dan Tata Ruang.