Logo Bloomberg Technoz

9 Hal Ini Bisa Jadi Sinyal Tubuh Anda Kebanyakan Gula

Referensi
07 October 2024 18:36

Infografis Cara Menaikkan Gula Darah Bagi Penderita Hipoglikemia (Bloomberg Technoz/Asfahan)
Infografis Cara Menaikkan Gula Darah Bagi Penderita Hipoglikemia (Bloomberg Technoz/Asfahan)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Mengonsumsi gula berlebihan bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan yang serius.

Di Indonesia, Kementerian Kesehatan (Kemenkes RI) telah mengeluarkan aturan mengenai batas aman konsumsi gula harian. Berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan No. 30 Tahun 2013, rekomendasi konsumsi gula harian adalah 10% dari total energi, atau setara dengan 50 gram gula (sekitar empat sendok makan).

Namun, banyak orang tanpa sadar melebihi batas ini. Ketika tubuh kelebihan gula, ia akan memberi sinyal yang perlu diwaspadai untuk mencegah penyakit berbahaya seperti diabetes, tekanan darah tinggi, dan gangguan kardiovaskular.

Berikut adalah beberapa tanda bahwa tubuh Anda mungkin kebanyakan gula yang dilansir Bloomberg Technoz dari berbagai sumber.

1. Sering Haus dan Buang Air Kecil

Sering merasa haus dan buang air kecil bisa menjadi tanda bahwa kadar gula dalam tubuh terlalu tinggi. Menurut Everyday Health, ginjal Anda bekerja keras untuk mengeluarkan kelebihan glukosa dari darah, sehingga memicu lebih seringnya buang air kecil. Haus yang berlebihan adalah mekanisme tubuh untuk mengatasi dehidrasi akibat buang air kecil yang terlalu sering.

2. Mudah Lapar Meski Berat Badan Menurun