Logo Bloomberg Technoz

OTT Kalsel, KPK Tangkap 6 Orang dan Sita Rp10 M

Muhammad Fikri
07 October 2024 18:30

Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron saat akan mengikuti tes Calon pimpinan KPK di Jakarta, Rabu (31/7/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron saat akan mengikuti tes Calon pimpinan KPK di Jakarta, Rabu (31/7/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tangkap enam orang dari operasi tangkap tangan kasus dugaan korupsi pengadaan barang dan jasa di Pemerintahan Provinsi Kalimantan Selatan atau OTT Kalsel. Berdasarkan informasi yang dikumpulkan empat orang adalah penyelenggara negara, dan dua lainnya adalah pengusaha swasta.

“Kita mengamankan sekitar enam orang dari pihak pemberi dan penerima dengan sejumlah uang,” kata Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron kepada wartawan melalui pesan singkat, Senin (7/10/2024)

Menurut dia, KPK akan mengumumkan penindakan OTT Kalsel pada Selasa esok (8/10/2024). Pada saat ini, enam orang tersangka tersebut sudah dibawa dari Kalimantan Selatan ke Gedung Merah Putih KPK.

“Mohon bersabar karena pihak-pihak tersebut kita bawa bertahap melalui penerbangan komersil, sehingga tidak bisa dalam satu jadwal. Nanti kalau sudah terkumpul kami akan sampaikan melalui konpers,” ujar dia.

Dari OTT tersebut, kata Ghufron, penyidik menyita barang bukti berupa uang tunai yang diduga akan diberikan pihak swasta kepada penyelenggara negara yang tertangkap tangan. Totalnya diklaim lebih dari Rp10 miliar.