Logo Bloomberg Technoz

Rieke Diah Desak Pemerintah Bayar Ganti Rugi Tanah Mat Solar

Azura Yumna Ramadani Purnama
07 October 2024 20:20

Mobil melintas di Tol Serpong - Cinere ruas Pamulang - Cinere di Pamulang, Selasa (29/8/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Mobil melintas di Tol Serpong - Cinere ruas Pamulang - Cinere di Pamulang, Selasa (29/8/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Anggota DPR Rieke Diah Pitaloka menyebut pemerintah belum membayar uang ganti rugi tanah milik seniman Mat Solar atau dikenal dalam serial Bajaj Bajuri. Tanah itu digunakan pemerintah untuk Jalan Tol Serpong-Cinere.

“Kirain sudah beres urusan tanah Bang Juri yang dipakai negara buat jalan tol Cinere-Serpong. Masalahnya itu jalan tol udah operasi, kenapa tanah Bang Juri belum lunas dari 2019,” tulis Rieke pada platform X, dikutip Senin (7/10/2024).

Menanggapi itu, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) melalui Lembaga Manajemen Aset Negara (LMAN) menyatakan realisasi pembayaran dana ganti rugi Tol Serpong-Cinere telah mencapai 99,92%.

Direktur Pengadaan dan Pendanaan Lahan LMAN Rustanto menjelaskan belum terbayarnya dana ganti rugi tanah Mat Solar akibat tanah tersebut melewati proses konsinyasi.

“Memang di data kami Serpong-Cinere itu, realisasi dananya 99,92%. Terkait kasus ini, itu memang dia konsinyasi sejak 2019,” ucap Rustanto dalam taklimat media di kantornya, Senin (7/10/2024).