Logo Bloomberg Technoz

Bangun 2 Juta Rumah di Desa Tiap Tahun, Begini Rencana Prabowo

Dovana Hasiana
07 October 2024 18:40

Ilustrasi Perumahan Griya Setia Nusa Pekanbaru. (Dok: BP Tapera)
Ilustrasi Perumahan Griya Setia Nusa Pekanbaru. (Dok: BP Tapera)

Bloomberg Technoz, Jakarta Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Hashim Djojohadikusumo mengonfirmasi Presiden Terpilih Prabowo Subianto, yang notabene juga adalah kakaknya, memiliki program untuk membangun 2 juta rumah tiap tahun di perdesaan. 

Hashim—yang juga merupakan Ketua Satuan Tugas (Satgas) Perumahan dalam masa transisi — mengatakan angka 2 juta rumah tiap tahun di perdesaan muncul melalui asumsi bahwa pemerintah ingin membiayai pembangunan atau perbaikan 20 hingga 30 rumah per tahun di 75.000 desa di Indonesia.

Dalam kaitan itu, Hashim menggarisbawahi masyarakat seperti petani dan nelayan sebenarnya memiliki lahan, sehingga hal tersebut tidak menjadi alasan masalah backlog perumahan dan ketidakpemilikan rumah layak huni.

“Saya bisa konfirmasi, 2 juta rumah setiap tahun di perdesaan. Ide kita adalah setiap tahun kita akan bangun, kita akan biayai pembangunan atau perbaikan rumah 20—30 rumah setiap tahun, di situ lahir angka 2 juta. [Sebanyak] 75.000 kali 20 rumah itu 1,5 juta, kali 30 rumah itu 2,25 juta per tahun,” ujar Hashim dalam agenda Diskusi Ekonomi bersama Pengusaha Internasional Senior, di Menara Kadin, Jakarta Selatan, Senin (7/10/2024). 

Desa Tenganan

Dengan demikian, gagasan dari pemerintah terpilih ke depannya adalah untuk memberikan pembiayaan untuk rakyat yang belum memiliki rumah atau sudah memiliki rumah tetapi tidak layak huni.