Logo Bloomberg Technoz

Rumah Dinas DPR: Diserahkan ke Kemenkeu dan jadi Rumah Pelatihan

Mis Fransiska Dewi
07 October 2024 16:16

Kondisi kamar tidur rumah jabatan anggota DPR di kawasan Kalibata, Senin (7/10/2024). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Kondisi kamar tidur rumah jabatan anggota DPR di kawasan Kalibata, Senin (7/10/2024). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Sekretaris Jenderal Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Indra Iskandar mengungkapkan nasib sejumlah rumah dinas anggota DPR. 

Menurut dia, DPR akan mengembalikan rumah dinas di kawasan Kalibata, Jakarta Selatan kepada Kementerian Keuangan, karena memang tercatat sebagai aset negara. Pada saat ini, DPR tengah melakukan audit kondisi aset untuk menempuh proses pengembalian yang diprediksi rampung pada awal 2025.

Setjen DPR tengah menyiapkan sejumlah dokumen yang berkaitan dengan barang milik negara di lingkungan rumah jabatan anggota tersebut. Adapun rumah dinas DPR di Kalibata totalnya mencapai 596 rumah. Blok A-E terdapat 516 rumah; sementara blok F dekat sungai Ciliwung ada 80 rumah. 

“Jadi untuk rumah sekian banyak ini tentu kami butuh waktu mengidentifikasi. Sekarang kami belum bisa masuk [identifikasi aset] karena anggota DPR sesuai dengan keputusan pimpinan diberikan waktu sampai dengan akhir Oktober untuk berbenah dan mencari hunian pengganti,” kata Indra dalam konferensi pers di Kompleks rumah dinas DPR Kalibata, Senin (7/10/2024). 

Dalam proses identifikasi aset tersebut, kata Indra, Setjen DPR menargetkan bisa menyelesaikan lima rumah per hari untuk menyusun berita acaranya. Setelah identifikasi aset selesai, ia bakal segera membahas langkah selanjutnya bersama Kementerian Keuangan dan Sekretariat Negara untuk menyerahkan rumah dinas anggota DPR tersebut.