Logo Bloomberg Technoz

Imbal Hasil Obligasi AS Nyaris ke Level 4% Dipicu Sinyal The Fed

News
07 October 2024 15:50

Sebuah stasiun televisi menyiarkan pidato Jerome Powell di lantai Bursa Efek New York di New York pada tanggal 18 September./Bloomberg-Michael Nagl
Sebuah stasiun televisi menyiarkan pidato Jerome Powell di lantai Bursa Efek New York di New York pada tanggal 18 September./Bloomberg-Michael Nagl

Alice Gledhill dan James Hirai - Bloomberg News

Bloomberg, Imbal hasil obligasi AS bertenor dua dan 10 tahun hampir kembali ke 4%. Angka ini merupakan level pertama kalinya sejak Agustus setelah laporan pekerjaan yang melesat memaksa para trader untuk menilai kembali prospek kebijakan moneter.

Obligasi turun pada Senin (7/10/2024), memperpanjang penurunan pada akhir minggu lalu setelah data penggajian pada September yang secara mengejutkan melemahkan peluang penurunan suku bunga yang lebih besar dari Federal Reserve (The Fed). Imbal hasil obligasi bertenor dua tahun naik sebanyak lima basis poin menjadi 3,98%.

Langkah ini mencerminkan keraguan yang berlarut-larut atas langkah The Fed selanjutnya. Pemangkasan 50 basis poin sepenuhnya telah diperhitungkan untuk pertemuan kebijakan November dan bahkan pemangkasan setengah dari jumlah tersebut tidak lagi diperhitungkan secara penuh, menurut swap.

"Kami memperkirakan imbal hasil yang lebih tinggi, tetapi mengantisipasi penyesuaian yang agak bertahap," tulis para ahli strategi Goldman Sachs Group Inc dalam catatannya.