Logo Bloomberg Technoz

Meskipun negosiasi tahunan tidak mendapatkan banyak perhatian di luar dunia logam, tahun ini hasilnya dapat memiliki konsekuensi yang luas bagi pasar tembaga.

Gelommbang penutupan pabrik peleburan atau smelter dapat mengubah peta pasokan tembaga olahan global di tengah meningkatnya kekhawatiran tentang dominasi China atas mineral-mineral penting.

Tidak hanya itu, setelah setahun di mana pasar tembaga olahan mengalami kelebihan pasokan, bahkan ketika para penambang berjuang untuk meningkatkan produksi, tekanan pada bisnis smelter kemungkinan akan menghambat pasokan tembaga olahan — seperti yang diharapkan sebagian orang bahwa stimulus yang baru diumumkan China akan memicu konsumsi.

Output smelter tembaga di China./dok. Bloomberg

Untuk diketahui, perusahaan smelter biasanya memperoleh sebagian besar keuntungan mereka dari biaya pemrosesan yang dipotong dari biaya konsentrat, bijih yang sebagian diproses yang mereka beli dari para penambang.

Industri menyetujui patokan untuk biaya perawatan dan pemurnian (TC/RC) pada kuartal keempat setiap tahun — biaya tersebut digunakan sebagai referensi untuk kontrak pasokan jangka panjang, sementara penjualan ad hoc lainnya sepanjang tahun diberi harga berdasarkan kondisi pada saat itu.

Peningkatan tekanan pada pasokan bijih tembaga telah menyebabkan kesenjangan yang lebar antara patokan tahun lalu — yang ditetapkan sebesar US$80 per ton bijih dan 8 sen per pon logam yang terkandung — dan ketentuan yang disetujui dalam transaksi spot.

Situasinya telah berkembang sedemikian parah, sehingga biayanya berubah menjadi negatif; pedagang dan peleburan telah membayar lebih banyak untuk bijih tembaga daripada tembaga yang terkandung di dalamnya yang akan diperoleh setelah diproses, situasi yang sangat tidak biasa.

Dalam jajak pendapat yang melibatkan lebih dari dua lusin penambang, pedagang, dan peleburan; responden yang memberikan perkiraan mengatakan bahwa patokan tersebut kemungkinan akan disepakati antara US$20 dan US$40 per ton dan 2 sen hingga 4 sen per pon.

Beberapa responden menyarankan bahwa negosiasi tersebut dapat menyebabkan kegagalan sistem patokan, momen yang berpotensi menentukan bagi industri tersebut.

Tahun ini, patokan tersebut diharapkan akan dinegosiasikan dengan perusahaan tambang Chili Antofagasta Plc, yang sebelumnya cenderung melakukan negosiasi yang lebih alot daripada pesaingnya dari Amerika, Freeport-McMoRan Inc.

Freeport telah sering menetapkan patokan dalam beberapa tahun terakhir, tetapi akan memiliki lebih sedikit konsentrat untuk dijual tahun depan setelah membangun smelter tembaga baru di Indonesia.

CEO Freeport-McMoRan Kathleen Quirk mengatakan dalam sebuah wawancara bahwa perusahaan tidak akan menetapkan patokan tahun ini. Di sisi lain, juru bicara Antofagasta menolak berkomentar mengenai negosiasi tersebut.

Pertumbuhan permintaan smelter lebih cepat dari suplai tembaga./dok. Bloomberg


Perwakilan pengusaha smelter China di London pekan lalu mengatakan bahwa mereka menekankan kepada Antofagasta bahwa industri tersebut telah menghadapi kerugian yang makin besar karena tidak ada cukup konsentrat untuk semua smelter, dan memperingatkan bahwa penurunan biaya patokan yang agresif dapat menyebabkan pemotongan produksi dan menyebabkan kerusakan permanen pada industri smelter global. 

Pejabat di pabrik peleburan China mengatakan bahwa industri tersebut mungkin akan merugi dengan biaya di bawah sekitar US$35 hingga US$40 per ton.

"Banyak sekali kapasitas baru yang dikembangkan untuk smelter di China selama bertahun-tahun, dan tidak ada konsentrat [tembaga] yang tersedia untuk memenuhi semuanya," kata Quirk dari Freeport di London pekan lalu. 

"Namun, bagi produsen konsentrat yang mengandalkan pabrik peleburan, mereka harus berpikir: 'Baiklah, saya tidak ingin menyingkirkan mereka dari bisnis.'"

Kesenjangan besar antara pasokan dan permintaan konsentrat bermula dari pengoperasian smelter-smelter baru di India, Indonesia, dan Republik Demokratik Kongo, serta beberapa perluasan pabrik peleburan besar di China. 

Tahun ini juga merupakan tahun yang lemah untuk pasokan logam tambang, tetapi perluasan cepat dalam kapasitas peleburan telah memicu ekspektasi bahwa margin peleburan akan tetap sangat terbatas bahkan ketika hasil tambang pulih.

“Kami akan mempertahankan produksi kami karena kami memiliki kontrak pasokan jangka panjang, dan kami harus menerima TC/RC yang lebih rendah ini untuk tahun mendatang,” kata Toralf Haag, yang bulan lalu mengambil alih jabatan sebagai CEO Aurubis AG, grup peleburan tembaga terbesar di Eropa.

“Kami optimistis bahwa situasi ini akan mulai membaik pada tahun mendatang — beberapa kapasitas smelter akan berhenti beroperasi, dan beberapa kapasitas penambangan tambahan akan beroperasi.”

Peneliti CRU memperkirakan bahwa perbedaan antara kebutuhan pabrik peleburan dan pasokan konsentrat tembaga akan membengkak hingga sekitar 1,2 juta ton, defisit terbesar dalam setidaknya satu dekade.

Diperkirakan 70% dari kesenjangan tersebut akan teratasi oleh perusahaan peleburan yang mengurangi tingkat operasi mereka, tetapi kesenjangan yang tersisa perlu diatasi dengan penutupan pabrik sementara atau permanen.

Makin agresif penambang dalam menekan TC/RC, makin luas pemangkasan yang akan dilakukan, menurut Erik Heimlich, kepala konsultan tembaga dan seng.

“Penambang berada dalam posisi yang sangat baik dan mereka dapat memaksakan TC/RC yang sangat rendah, tetapi ada alasan mengapa mereka tidak ingin menurunkannya serendah mungkin,” katanya dalam sebuah wawancara.

“Ini adalah hubungan jangka panjang, dan jika Anda menurunkannya terlalu rendah, Anda akan berakhir dengan industri yang kehilangan banyak pemain di sisi permintaan.”

(bbn)

No more pages