Logo Bloomberg Technoz

Komandan Iran Hilang Usai Serangan Israel Hantam Lebanon

Redaksi
07 October 2024 13:20

Israel Gempur Kota Beirut (Bloomberg)
Israel Gempur Kota Beirut (Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Komandan Pasukan Al-Quds Iran, Esmail Qaani, yang melakukan perjalanan ke Lebanon, dilaporkan hilang atau belum terdengar lagi kabarnya sejak serangan Israel ke Beirut akhir pekan lalu. Qaani mengunjungi ibu kota Lebanon setelah pembunuhan pemimpin Hizbullah, Sayyed Hassan Nasrallah bulan lalu dalam serangan udara Israel.

Dua pejabat senior keamanan Iran mengatakan kepada Reuters, seperti dikutip Senin (7/10/2024), Qaani berada di pinggiran selatan Beirut, yang dikenal sebagai Dahiyeh, dalam serangan yang dilaporkan menargetkan pejabat senior Hizbullah, Hashem Safieddine. Namun, salah satu pejabat tersebut mengatakan ia tidak bertemu dengan Safieddine.

Seorang pejabat Hizbullah mengatakan Israel tidak mengizinkan pencarian terhadap Safieddine untuk dilanjutkan setelah Israel mengebom pinggiran selatan Beirut pada Kamis (3/10/2024). Menurut pejabat tersebut, kelompok tersebut hanya akan mengumumkan nasib Safieddine setelah pencarian selesai.

Safieddine dipandang sebagai calon pengganti Nasrallah, yang terbunuh dalam serangan Israel di Dahiyeh pada 27 September lalu.

Pejabat Iran itu mengatakan Iran dan Hizbullah belum dapat menghubungi Qaani, yang disebut Teheran sebagai kepala dinas intelijen militer luar negeri Korps Garda Revolusi Iran, atau Pasukan Quds, setelah Amerika Serikat (AS) membunuh pendahulunya, Qassem Soleimani, dalam serangan pesawat tak berawak di Baghdad pada 2020.