Logo Bloomberg Technoz

Menkes Sebut 90% Kasus Kanker Bisa Sembuh Bila Terdeteksi Dini

Dinda Decembria
07 October 2024 12:50

Pemeriksaan kanker payudara (Sumber: Bloomberg)
Pemeriksaan kanker payudara (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kementerian Kesehatan RI (Kemenkes) tengah melakukan pencegahan dan penangan lewat kampanye edukasi untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya gaya hidup sehat dan deteksi dini dalam penyakit kanker.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, menekankan pentingnya deteksi dini dalam penanganan penyakit  kanker. Sebab, menurutnya bila ketahuan sejak awal, bisa diobati 90% dan berpeluang sembuh.

"Kanker itu kan penyakit yang sangat ditakuti oleh masyarakat. Sebenarnya dengan teknologi yang sekarang ada, asal deteksinya dini, itu bisa diobati 90%, bisa dirawat, dan bisa sembuh juga," ungkap Menkes belum lama ini.

Diketahui Indonesia menghadapi tantangan besar dalam penanganan kanker, dengan lebih dari 400 ribu kasus baru setiap tahunnya. Penyakit ini juga menyumbang sekitar 230 ribu kematian.

Untuk mempercepat temuan kasus dan memastikan pengobatan kanker yang lebih efektif, pemerintah menargetkan skrining dan deteksi dini mencapai 70% melalui skrining kanker serviks dengan metode IVA untuk wanita usia 30-50 tahun dengan metode HPV DNA.