Logo Bloomberg Technoz

Harga Bijih Besi Naik Jelang Pengumuman Stimulus China

News
07 October 2024 12:40

Bijih besi./dok. Bloomberg
Bijih besi./dok. Bloomberg

Annie Lee - Bloomberg News

Bloomberg, Harga bijih besi kembali naik, melanjutkan tren kenaikan tajam selama dua minggu berturut-turut. Kenaikan ini didorong oleh spekulasi bahwa perencana ekonomi utama China akan mengumumkan langkah-langkah stimulus tambahan pada jumpa pers yang dijadwalkan Selasa (08/10/2024) pagi.

Di pasar Singapura, harga bahan baku utama untuk pembuatan baja ini naik hampir 3%, setelah melonjak 18% dalam dua minggu terakhir. Jumpa pers yang akan dihadiri oleh lima pejabat senior dari Komisi Pembangunan dan Reformasi Nasional (National Development and Reform Commission/NDRC) ini diperkirakan akan membahas pengeluaran publik yang lebih besar, berdasarkan pemberitahuan resmi yang diterbitkan Minggu (06/10/2024).

Beijing sebelumnya telah meluncurkan serangkaian kebijakan stimulus, termasuk pemotongan suku bunga dan dukungan khusus untuk sektor properti, yang memicu kenaikan harga logam global pada akhir bulan lalu. Libur nasional selama seminggu di China, yang dimulai Selasa lalu, membuat tidak ada pengumuman resmi lebih lanjut, tetapi pelaku pasar menunggu potensi langkah baru yang bisa memacu pertumbuhan ekonomi.

Delegasi industri China yang menghadiri LME Week mengatakan bahwa paket kebijakan yang diluncurkan mencerminkan perubahan penting dalam prioritas otoritas, dengan fokus yang lebih besar pada upaya menghidupkan kembali ekonomi.