Logo Bloomberg Technoz

Goldman Prediksi Saham China Melonjak Berkat Stimulus Ekonomi

News
07 October 2024 12:10

Bursa saham China. (Bloomberg)
Bursa saham China. (Bloomberg)

John Cheng - Bloomberg News

Bloomberg, Goldman Sachs Group Inc telah menaikkan peringkat saham China menjadi "overweight," bergabung dengan sejumlah analis optimis yang memuji dampak positif dari stimulus ekonomi Beijing.

Dalam catatan yang dirilis pada 5 Oktober, para ahli strategi Goldman, termasuk Tim Moe, memperkirakan bahwa indeks yang melacak ekuitas China dapat naik sebesar 15%-20% jika pemerintah berhasil melaksanakan langkah-langkah kebijakan yang telah diumumkan. Mereka juga mencatat bahwa valuasi saham masih di bawah rata-rata historis, pendapatan perusahaan dapat meningkat, dan posisi investasi global di China masih ringan.

Stimulus yang diumumkan oleh Beijing baru-baru ini dianggap "telah meningkatkan kepercayaan pasar bahwa para pembuat kebijakan serius dalam mengatasi risiko pertumbuhan ekonomi yang lebih lambat," tulis para ahli strategi Goldman.

Stimulus besar-besaran dari Beijing juga telah memicu peningkatan peringkat oleh sejumlah lembaga keuangan besar lainnya seperti HSBC Holdings Plc dan BlackRock Inc. Harapan bahwa pasar saham China yang sempat terpuruk akan segera pulih kini semakin meningkat. Indeks CSI 300, yang mencatatkan kenaikan 27% dari titik terendah pada September, menjadi salah satu indikator penting bagi para pedagang yang menantikan pembukaan kembali pasar domestik setelah libur panjang pada Selasa (08/10/2024).

MSCI China Index. (Sumber: Bloomberg)