Logo Bloomberg Technoz

Jelang Pasar Buka, BI Siap Guyur Dolar AS ke Pasar Tolong Rupiah

Redaksi
07 October 2024 08:55

Logo Bank Indonesia.
Logo Bank Indonesia.

Bloomberg Technoz, Jakarta - Nasib rupiah yang terancam pelemahan tajam pada perdagangan hari pertama pekan ini memaksa Bank Indonesia berjaga sejak awal dalam mode waspada tingkat tinggi.

Otoritas moneter sudah siap mengintervensi pasar untuk menolong rupiah dari tekanan jual yang terlalu besar hingga menjatuhkan nilainya dari turbulensi yang tajam.

Direktur Eksekutif Pengelolaan Moneter dan Aset Sekuritas Bank Indonesia Edi Susianto mengatakan pagi ini, BI siap mengintervensi pelemahan rupiah di pasar spot, pasar non-deliverable forward (NDF) juga pasar surat utang rupiah untuk memastikan sisi supply-demand valas tetap terkendali, demikian dilansir dari Bloomberg pagi ini.

"Perkembangan pasar global jadi kurang menguntungkan bagi mata uang negara berkembang termasuk rupiah akibat peningkatan ketegangan di Timur Tengah dan laporana tenaga kerja AS yang lebih baik ketimbang perkiraan," kata Edi.

Data pasar tenaga kerja AS pada Jumat malam telah memicu aksi jual besar di pasar Treasury hingga kini membentuk pola bearish flattening. Dampak ke pasar surat utang domestik akan terlihat hari ini.