Logo Bloomberg Technoz

Inflasi Turun, ECB Diprediksi Pangkas Suku Bunga Bulan Ini

07 October 2024 06:50

Anggota Dewan Gubernur ECB, Francois Villeroy de Galhau. (Dok: Bloomberg)
Anggota Dewan Gubernur ECB, Francois Villeroy de Galhau. (Dok: Bloomberg)

William Horobin - Bloomberg News

Bloomberg, Bank Sentral Eropa (European Central Bank/ECB) "sangat mungkin" akan memangkas suku bunga dalam pertemuan berikutnya akhir bulan ini, menurut anggota Dewan Gubernur ECB, Francois Villeroy de Galhau.

Dalam wawancara dengan La Repubblica, Villeroy menjelaskan bahwa inflasi telah turun di bawah target 2% ECB pada September, dan diperkirakan akan terus mendekati level tersebut secara bertahap hingga tahun 2025. Villeroy juga mencatat bahwa ekspektasi pasar terhadap inflasi pada tahun 2025 berada di bawah 1,8%, bahkan lebih rendah dari proyeksi ECB.

"Semua ini menunjukkan bahwa keseimbangan risiko sedang bergeser," ujarnya. "Selama dua tahun terakhir, risiko utama kami adalah inflasi melebihi target 2%. Kini, kami juga harus mempertimbangkan risiko sebaliknya, yaitu gagal mencapai target karena pertumbuhan yang lemah dan kebijakan moneter yang terlalu ketat."

Selama beberapa minggu terakhir, Villeroy belum banyak berkomentar terkait kebijakan ECB. Namun, ekspektasi pasar terhadap pemangkasan suku bunga dalam pertemuan 17 Oktober mendatang telah meningkat tajam, dari hampir nol menjadi hampir pasti. Pada 12 September lalu, ECB terakhir kali mengurangi biaya pinjaman, dan saat itu Villeroy menekankan perlunya pendekatan bertahap, tetapi tetap berhati-hati agar tidak melebihi target inflasi 2%.