Logo Bloomberg Technoz

Emas menyumbang 17% dari bobot indeks ini, yang mencakup kontrak berjangka untuk 24 komoditas di pasar pertanian, energi, dan logam. Pemulihan terbaru untuk gas alam dan tembaga sepanjang bulan September juga membantu mengangkat indeks ini, sementara perang di Timur Tengah mendorong kenaikan harga minyak mentah berjangka hingga awal Oktober.

Grafik harga emas. (Sumber: Bloomberg)

Rasio Emas terhadap Minyak

Kenaikan cepat emas ke rekor tertinggi berulang kali tahun ini, menurut satu ukuran, telah membuat harga minyak menjadi yang termurah dalam lebih dari tiga tahun — meskipun konflik yang semakin meningkat di Timur Tengah mengurangi beberapa momentum.

Pada 26 September, satu ons emas dapat membeli lebih dari 37 barel minyak mentah Brent, yang tertinggi sejak Januari 2021 — berkat emas batangan yang mencapai rekor tertinggi sepanjang masa pada hari itu. Serangan udara Israel terhadap target Hizbullah di Lebanon dan serangan balasan misil Iran terhadap negara Israel dalam beberapa hari terakhir telah mendorong harga minyak mentah naik, menurunkan rasio emas terhadap minyak.

Meskipun demikian, levelnya tetap mendekati puncak baru-baru ini. Pada awal pandemi, ketika harga minyak mencapai level terendah dalam 18 tahun, satu ons emas dapat membeli lebih dari 87 barel minyak.

Gold-Oil ratio. (Sumber: Bloomberg)

Tenaga Surya

Peningkatan kapasitas tenaga surya di Eropa kini begitu kuat sehingga bahkan selama musim dingin, teknologi ini akan memenuhi sebagian besar dari pertumbuhan permintaan listrik yang diantisipasi.

Generasi tenaga surya baru akan mampu menutupi hingga 56% dari peningkatan permintaan listrik yang diperkirakan dari Oktober hingga Maret, menurut firma konsultan ICIS. Ekspansi tenaga surya, yang dipimpin oleh Jerman, sedang mengubah ekonomi energi tradisional di Eropa, dengan biaya yang relatif lebih rendah dibandingkan dengan pembangkit nuklir dan bahan bakar fosil yang turut mendorong lonjakan instalasi.

Grafik penggunaan tenaga surya. (Sumber: ICIS)

Aluminium

Ada tanda-tanda peningkatan tekanan di pasar aluminium dengan kontrak untuk pengiriman bulan Oktober di Bursa Logam London diperdagangkan dengan premi lebih tinggi dibandingkan bulan November.

Para pedagang yang terjebak dalam antrean panjang untuk menarik aluminium dari sistem LME berada di bawah tekanan karena mereka harus memperpanjang posisi lindung nilai sambil menunggu, sementara pemilik gudang Istim Metals LLC secara kontroversial menaikkan biaya administrasi kunci yang membuatnya jauh lebih mahal untuk mendaftar ulang logam ringan ini jika harga berbalik melawan mereka.

Pasar juga memperhatikan posisi beli besar dalam kontrak Oktober yang dimiliki oleh Trafigura Group — pedagang yang awalnya menyimpan gunung aluminium di gudang Istim.

Grafik aluminium. (Sumber: LME)

Biji-bijian

Harga jagung di Brasil berada pada level tertinggi yang terakhir terlihat pada awal Januari, berkat reli selama lima minggu. Hasil panen musim ini menghadapi ancaman besar karena penanaman kedelai yang sangat tertunda.

Cuaca yang sebagian besar kering di wilayah penghasil utama Brasil telah memperlambat panen kedelai, yang mungkin berdampak pada jagung. Jagung umumnya dibudidayakan segera setelah panen kedelai dan sebelum musim hujan berakhir. Brasil adalah pemasok jagung terbesar kedua di dunia.

Harga biji-bijian. (Sumber: Bloomberg)

(bbn)

No more pages