Logo Bloomberg Technoz

Siasat Rano Karno, Suswono & Wardana Atasi Penggangguran Gen Z

Azura Yumna Ramadani Purnama
06 October 2024 21:01

Suasana debat pertama Calon Gubernur dan Cawagub Jakarta di JIExpo Kemayoran, Minggu (6/10/2024). (Tangkapan Layar Youtube KPU PROVINSI DKI JAKARTA)
Suasana debat pertama Calon Gubernur dan Cawagub Jakarta di JIExpo Kemayoran, Minggu (6/10/2024). (Tangkapan Layar Youtube KPU PROVINSI DKI JAKARTA)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Tiga calon wakil gubernur DKI Jakarta berada siasat mengatasi pengangguran usia muda atau generasi Z (Gen Z) dalam debat Pertama Pilkada Jakarta 2024. Menurut Badan Pusat Statistik (BPS) per Agustus 2023, tingkat pengangguran terbuka di Jakarta mencapai 6,53% atau 355 ribu orang yang didominasi usia muda 15-29 tahun.

Calon Wakil Gubernur Jakarta nomor urut 3 Rano Karno menjanjikan jika terpilih maka petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) tidak perlu mensyaratkan ijazah sebab PPSU untuk menjaga kebersihan.

Selanjutnya membangun pembentukan Balai Latihan Kerja Modern (BLK) yang tidak hanya untuk pelatihan mesin tetapi juga digitalisasi untuk mendukung bakat-bakat anak muda.

“Itulah perlunya Hotline 24 jam agar mereka punya guidance (panduan) apa yang harus mereka lakukan,” terangnya dalam debat pertama di Jakarta, Minggu (6/10/2024).

Calon Wakil Gubernur Jakarta nomor urut 1 Suswono mengatakan pihaknya akan menciptakan lapangan kerja yang cukup banyak dengan mendorong wiraswasta muda dengan sistem inkubasi bisnis dan akses modal.