Logo Bloomberg Technoz

Jokowi Soal Proses Capim KPK: Tunggu Administrasi di Setneg

Dovana Hasiana
06 October 2024 19:00

Nama peserta Calon pimpinan (Capim) KPK yang akan mengikuti test tertulis di Jakarta, Rabu (31/7/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Nama peserta Calon pimpinan (Capim) KPK yang akan mengikuti test tertulis di Jakarta, Rabu (31/7/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan proses calon pimpinan (capim) dan dewan pengawas (dewas) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) periode 2024—2029 tengah menunggu selesainya administrasi di Kementerian Sekretariat Negara.

Bila proses administrasi tersebut selesai, Kepala Negara mengatakan bakal menandatangani daftar capim dan dewas KPK tersebut.

“Menunggu selesainya administrasi dari Setneg, kalau selesai nanti dibawa ke saya, tanda tangani,” ujar Jokowi usai membuka acara TNI Fun Run yang disiarkan secara virtual, Minggu (6/10/2024).

Sebelumnya, Kepala Negara menerima panitia seleksi capim dan dewas KPK periode 2024—2029. Ketua Pansel Capim dan Cadewas KPK Muhammad Yusuf Ateh menyampaikan para anggota pansel menyerahkan hasil akhir seleksi capim dan dewas KPK pada pertemuan tersebut.

“Bapak Presiden meminta kepada kami untuk menyampaikan kepada teman-teman media dan sekaligus nanti akan menyampaikan 10 [nama] calon pimpinan dan 10 [nama] calon dewas KPK melalui website seperti biasa," kata Yusuf.