Logo Bloomberg Technoz

Deflasi 5 Bulan Beruntun, Omzet Pasar Rakyat Menurun

Pramesti Regita Cindy
06 October 2024 18:30

Pedagang asongan di tengah di pasar tradisional. (Dok Muhammad Fadli/Bloomberg)
Pedagang asongan di tengah di pasar tradisional. (Dok Muhammad Fadli/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta Asosiasi Pasar Rakyat Seluruh Indonesia (Aparsi) menekankan perlu adanya dukungan penuh dari pemerintah pusat guna menjaga daya saing pasar rakyat atau pasar tradisional di tengah momentum deflasi di Indonesia yang sudah terjadi selama 5 bulan beruntun.

Aparsi merupakan asosiasi yang menaungi sekitar 10.000 pasar rakyat dengan 9 juta pedagang di seluruh Indonesia. Dengan demikian, menurut Ketua Aparsi Suhendro, peran pemerintah daerah dan pusat akan sangat krusial dalam mempertahankan kelangsungan hidup pasar rakyat.

Adapun, salah satu langkah penting untuk meningkatkan daya tarik pasar rakyat menurutnya adalah dengan menjadikannya sebagai destinasi wisata.

"Aparsi meminta kepada pemerintah pusat dan juga nanti kepada pemerintah daerah, jadikanlah pasar rakyat ini menjadi pasar wisata. Itu poin penting," kata Suhendro ketika dihubungi, dikutip Minggu (6/10/2024).

Aktivitas transaksi perdagangan di pasar tradisional. (Dok Muhammad Fadli/Bloomberg)

Di samping itu, guna meningkatkan kunjungan konsumen terhadap pasar rakyat, dia menyarankan agar pasar rakyat dapat pula diperkuat melalui event dan promosi, dengan dukungan dari berbagai kementerian, seperti Kementerian Perdagangan, Kementerian Koperasi dan UKM, serta Kementerian Pariwisata.