Logo Bloomberg Technoz

Stok CPO Digerus Buat Ambisi Biodiesel, Buat Minyak Goreng Aman?

Pramesti Regita Cindy
06 October 2024 16:00

Ilustrasi minyak goreng. (Dok. Bloomberg)
Ilustrasi minyak goreng. (Dok. Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memastikan program mandatori biodiesel B40, atau bahkan B50 yang membutuhkan bauran Solar dengan 50% bahan bakar nabati minyak sawit, tidak akan menggangu pasokan minyak kelapa sawit atau crude palm oil (CPO) untuk kebutuhan bahan baku industri pangan seperti minyak goreng. 

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama (KLIK) Kementerian ESDM Agus Cahyono Adi mengatakan pasokan CPO untuk pasar domestik sudah dijaga kesimbangannya, baik untuk kebutuhan energi maupun pangan.

"[Serapan CPO, baik untuk pangan ataupun energi] sama-sama pentingnya. Bahwa kalau untuk energi enggak boleh mengganggu pangan. [Lagipula,] program biodiesel ini juga menstabilkan supply demand-nya sehingga harganya stabil. Petani juga mendapatkan hasilnya," Kata Agus ketika ditemui di Kementerian ESDM, akhir pekan.

Mengenai bahan baku minyak sawit yang disebut makin terbatas, Agus menekankan hal tersebut akan dikelola oleh Kementerian Pertanian dan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS). 

"Jadi antarkementerian, tentunya harus seimbang," tegasnya. 

Beragam varian biodiesel./Bloomberg-Dimas Ardian