Logo Bloomberg Technoz

Pemerintah Belanda Bakal Batasi Jumlah Mahasiswa dari Luar Negeri

Rezha Hadyan
22 April 2023 17:00

Ilustrasi bendera Belanda. (Valeria Mongelli/Bloomberg)
Ilustrasi bendera Belanda. (Valeria Mongelli/Bloomberg)

Diederik Baazil - Bloomberg News  

Bloomberg, Pemerintah Belanda sedang mempertimbangkan rencana untuk membatasi jumlah mahasiswa dari luar negeri. Rencana tersebut merupakan ekses dari keterbatasan ruang di sejumlah perguruan tinggi; salah satu penyebabnya adalah pertambahan jumlah mahasiswa dari luar negeri.

Robbert Dijkgraaf, Menteri Pendidikan, Kebudayaan dan Ilmu Pengetahuan Belanda melalui pernyataan resminya pada Jumat (21/4/2023) menyatakan, opsi pembatasan mahasiswa yang berasal dari luar Negeri Kincir Angin sangat mungkin dilakukan. “Seharusnya dimungkinkan untuk mengendalikan arus mahasiswa jika diperlukan," katanya melalui pernyataan resminya, mengutip Bloomberg News.

Menurut dia, apabila situasi tersebut dibiarkan, maka akan menyebabkan ketidaknyamanan bagi pelajar maupun staf pengajar atau dosen. “Jika tidak terkendali, hal ini akan menyebabkan, antara lain, ruang kuliah yang penuh sesak, beban kerja dosen yang tinggi dan kurangnya akomodasi, serta memberikan tekanan pada aksesibilitas pendidikan,” tutur dia.