Logo Bloomberg Technoz

Berdasarkan pantauan hingga pukul 13.00 WIB, Joni menuturkan bahwa KAI Commuter mencatat lonjakan signifikan jumlah pengguna yang turun di Stasiun Gondangdia dan Stasiun Juanda. Sebanyak 88.158 pengguna transit di Stasiun Manggarai, 63.682 pengguna turun di Stasiun Juanda, dan 28.464 pengguna di Stasiun Gondangdia.

Dengan demikian, KAI Commuter turut meminta maaf atas segala kekurangan dalam pelayanan yang terjadi akibat lonjakan penumpang di Stasiun Manggarai. "Selain itu, KAI Commuter mengimbau kepada seluruh pengguna untuk tetap mengutamakan keselamatan dan keamanan, mengikuti arahan dan instruksi dari petugas di stasiun." 

"Terlebih bagi pengguna yang membawa anak, pastikan anak-anak selalu dalam pengawasan selama dalam perjalanan," kata Joni. 

Untuk diketahui, hari ini KAI Commuter mengoperasikan 962 perjalanan Commuter Line di wilayah Jabodetabek. Selain itu, pola operasi akan disesuaikan secara situasional berdasarkan kondisi di lapangan. Empat perjalanan tambahan yang telah disiapkan adalah:

Commuter Line No. D1/1269C rute Manggarai–Jakarta Kota
Commuter Line No. D1/1270C rute Jakarta Kota–Pasar Minggu
Commuter Line No. D1/1309C rute Pasar Minggu–Jakarta Kota
Commuter Line No. D1/1310C rute Jakarta Kota–Manggarai.

Diberitakan sebelumnya, sejumlah warganet di media sosial ramai bercerita mengenai kepadatan arus penumpang KRL diduga karena banyaknya warga yang menuju Lapangan Monas, menyaksikan HUT ke-79 TNI.

“Benar-benar gak manusiawi penuhnya, udah pada anteng aja nonton dari TV, kasian tu anaknya pada sesak napas gara-gara desak-desakan di Stasiun,” cerita akun @unicornpees di X, Sabtu (5/10/2024).

Akun @sebastiankevvin di X juga menceritakan terjadi penumpukan di Stasiun Manggarai, kembali diduga karena masyarakat pengguna KRL dominan ingin menuju Monas.

“Buat yang baru rencana ke Monas, jangan pilih naik KRL ya, udah padet banget,” cerita dia.

Seperti diketahui, perayaan HUT TNI mendapatkan antusiasme luar biasa dari masyarakat. Selain padat pengunjung di Monas, masyarakat juga berkesempatan ikut dalam pawai kendaraan taktis TNI yang dipamerkan dalam acara.

Selain itu, pada puncak agenda HUT ke-79 TNI ini, pesta rakyat akan digelar dengan hiburan musik dari Slank, Ndx Aka, dan Raffi Ahmad. Tak hanya itu, masyarakat juga akan menikmati makan gratis dan pembagian sembako.

(ain)

No more pages