Logo Bloomberg Technoz

Respons KAI usai Stasiun Manggarai Penuh Sesak di HUT TNI

Pramesti Regita Cindy
05 October 2024 15:30

Suasana kepadatan Stasiun Manggarai, Jakarta. (Kolase dari Akun X @naulihateyou, @iyfan25, @lovennoir, @febiaui)
Suasana kepadatan Stasiun Manggarai, Jakarta. (Kolase dari Akun X @naulihateyou, @iyfan25, @lovennoir, @febiaui)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Jalur kereta komuter, khususnya pada Stasiun Manggarai dilaporkan sejumlah pengguna KRL mengalami kepadatan. Penuhnya antrean di jalur menunggu kereta membuat sejumlah penumpang mengeluh.

Berkaitan dengan hal tersebut, VP Corporate Secretary KAI Commuter, Joni Martinus, menyatakan bahwa pihaknya telah menyiapkan berbagai langkah untuk menjaga keamanan dan kenyamanan para pengguna. Selain memperkuat pengamanan di sejumlah stasiun, KAI Commuter juga melakukan penyesuaian pola operasi perjalanan guna mengakomodasi lonjakan penumpang.

"Untuk tetap dapat melayani pengguna dengan aman dan nyaman, KAI Commuter melakukan penambahan 4 perjalanan Commuter Line tambahan untuk relasi Manggarai-Jakarta Kota PP, sebagai antisipasi untuk mengurangi kepadatan di Stasiun Manggarai," kata Joni dalam keterangannya, Sabtu (5/10/2024). 

Joni turut menekankan bahwa sebagai salah satu stasiun transit utama, Stasiun Manggarai memang menjadi fokus pengamanan dengan penambahan personel, termasuk dari unsur TNI. Sebanyak 49 personel pengamanan akan bersiaga di stasiun tersebut. 

Sementara di Stasiun Juanda dan Gondangdia, yang berdekatan dengan lokasi perayaan HUT ke-79 TNI di Silang Monas, KAI Commuter juga menambah jumlah petugas sebanyak 30 personel, sedangkan Stasiun Gondangdia akan menambah 23 petugas keamanan.