Logo Bloomberg Technoz

Sebelumnya Gagal, BUKA Gelar Program MESOP Tahap II

Donald Banjarnahor
22 April 2023 15:15

Ilustrasi Bukalapak. (Dok. Bukalapak)
Ilustrasi Bukalapak. (Dok. Bukalapak)

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT Bukalapak.com Tbk (BUKA) akan menggelar penambahan modal tanpa hak memesan efek terlebih dahulu (PMTHMETD) atau private placement dalam rangka program kepemilikan saham manajemen dan karyawan atau MESOP tahap II. Pada program MESOP Tahap I terbilang gagal karena harga eksekusi MESOP jauh lebih tinggi dibandingkan dengan harga saham BUKA di pasar.

Dalam keterbukaan informasi yang disampaikan oleh Bukalapak, perseroan akan menggelar private placement dengan menerbitkan 4,02 miliar saham baru atau setara dengan 3,9% modal dan disetor penuh oleh perseroan.

Perseroan akan menggelar Rapat Umum Pemegang Saham pada 25 Mei mendatang dengan salah satu agenda meminta persetujuan MESOP dengan skema private placement. Bila disetujui RUPS maka program ini akan berlangsung selama 5 tahun hingga 2028 mendatang.

Adapun harga eksekusi untuk MESOP ini akan ditentukan dengan aturan yang berlaku, yakni sekurang-kurangnya 90% dari rata-rata harga penutupan saham Perseroan selama kurun waktu 25  Hari Bursa berturut-turut di Pasar Reguler sebelum tanggal permohonan pencatatan saham.

Peseran yang akan berhak mengikuti program MESOP ini adalah Direksi dan Komisaris yang menjabat. Program ini termasuk bagian dari kompensasi untuk jabatan Direksi dan Komisaris. Berikutnya adalah karyawan Grup Bukalapak yang ditetapkan oleh Direksi Perseroan dengan persyaratan sesuai dengan ketentuan program MESOP.