Logo Bloomberg Technoz

200 Molis Pindad Ramaikan Parade Alutsista, HUT ke-79 TNI

Pramesti Regita Cindy
05 October 2024 12:50

Suasana acara puncak HUT ke-79 TNI pada Sabtu di Lapangan Monas. (Tangkapan Layar Sekretariat Presiden)
Suasana acara puncak HUT ke-79 TNI pada Sabtu di Lapangan Monas. (Tangkapan Layar Sekretariat Presiden)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Dalam acara puncak agenda HUT Ke-79 Tentara Nasional Indonesia (TNI) ini, turut pula terdapat parade defile alat utama sistem senjata (Alustsista). Salah satu yang menjadi perhatian adalah sebanyak 200 motor listrik (molis) buatan PT Pindad (Persero) turut meramaikan parade tersebut. 

Untuk diketahui, PT Pindad merupakan perusahaan dalam negeri yang memproduksi komponen senjata, amunisi, peralatan industri dan jasa, komponen infrastruktur perhubungan, layanan pertambangan, hingga alat kesehatan.

Adapun 200 molis yang mengikuti parade tersebut adalah Morino Moto EV. Sebagai catatan, Morino Moto EV merupakan hasil dari inovasi dan pengembangan Pindad. Sepeda motor ini diracang guna mendukung kebutuhan mobilitas pasukan secara cepat dan senyap.

Keunggulan produk molis ini adalah motor penggeraknya yang 100% murni buatan PT Pindad dengan hasil inovasi dan pengembangan dari anak bangsa dengan estimasi nilai tingkat komponen dalam negeri (TKDN) 80%. 

Selain itu, Morino Moto EV dibekali baterai 72 volt 50 Ampere hour yang diklaim bisa jalan sejauh 100 km dengan kecepatan 40 km per jam, dan waktu pengisiannya 3-4 jam. Adapun dinamonya berdaya 5 kilowatt atau setara 6,7 dk dengan kecepatan maksimal 80 kilometer per jam.