Logo Bloomberg Technoz

Jokowi di HUT ke-79 TNI: Tetap Berdaulat, Netral, Jaga Stabilitas

Pramesti Regita Cindy
05 October 2024 10:45

Suasana acara puncak HUT ke-79 TNI pada Sabtu di Lapangan Monas. (Tangkapan Puspen TNI)
Suasana acara puncak HUT ke-79 TNI pada Sabtu di Lapangan Monas. (Tangkapan Puspen TNI)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan betapa pentingnya peran Tentara Nasional Indonesia (TNI) selama sepuluh tahun kepemimpinannya.  Menurutnya, TNI telah memberikan kontribusi nyata dalam menjaga kesatuan bangsa, stabilitas politik, dan membantu mengatasi berbagai krisis yang dihadapi oleh negara. 

Oleh sebab itu, tak luput Jokowi menyampaikan rasa terima kasih atas loyalitas dan pengabdian TNI dalam menjaga kedaulatan negara serta membantu mengatasi berbagai tantangan.

Suasana acara puncak HUT ke-79 TNI pada Sabtu di Lapangan Monas. (Tangkapan Layar Sekretariat Presiden)

"Terima kasih atas loyalitas dan pengabdian seluruh prajurit TNI bagi rakyat, bangsa, dan negara. 10 tahun memimpin pemerintahan, Saya merasakan betul peran dan kortibusi nyata dari TNI dalam menjaga kedaulatan negara, dalam menjaga kesatuan dan stabilitas politik, serta membantu mengatasi tantang dan krisis," kata Jokowi dalam acara puncak HUT ke-79 TNI, di Lapangan Silang Monas, Jakarta, Sabtu (5/10/2024). 

Pada kesempatan tersebut, Jokowi menyoroti dua peristiwa besar yang akan dihadapi Indonesia dalam waktu dekat yakni pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih pada 20 Oktober 2024 dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 pada 27 November 2024 yang diadakan serentak di 508 kabupaten/kota dan 37 provinsi.

Dalam menghadapi kedua peristiwa tersebut, Presiden meminta agar TNI menjaga stabilitas keamanan, mendukung penuh proses transisi pemerintahan, serta memastikan kelancaran pelaksanaan Pilkada. Presiden juga menekankan pentingnya menjaga netralitas TNI dalam pelaksanaan Pilkada.