Logo Bloomberg Technoz

Islamic Bank Sudah Salurkan Pembiayaan Syariah Rp111,5 T ke RI

Azura Yumna Ramadani Purnama
05 October 2024 11:45

Ilustrasi Rupiah. (Dimas Ardian/Bloomberg)
Ilustrasi Rupiah. (Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Islamic Development Bank (IsDB) atau Bank Pembangunan Islam telah menyalurkan pembiayaan syariah kepada Indonesia sebesar US$7,2 miliar atau sekitar Rp111,564 triliun.

Direktur dan Perwakilan Residen of IsDB Regional Hub Indonesia Datuk Amer Bukvic menjelaskan pembiayaan syariah tersebut disalurkan kepada 350 proyek yang tersebar di berbagai sektor ekonomi biak publik maupun swasta.

“IsDB telah bekerja sama dengan Indonesia untuk mengembangkan proyek-proyek inovatif berbasis syariah yang memanfaatkan modal swasta untuk infrastruktur publik, meningkatkan kapasitas fiskal negara dengan tetap berpegang teguh pada pedoman etika,” jelas dia dalam 8th AIFC: Islamic Public Finance Role and Optimization di kantor pusat Kemenkeu, Jumat (4/10/2024).

Bukvic menjelaskan, pihaknya melakukan hal tersebut dalam upaya membuka potensi RI dalam mengatasi tantangan pembangunan secara berkelanjutan di empat bidang utama, yaitu infrastruktur, keterjangkauan, kerangka kerja kelembagaan, dan literasi digital.

Ia mengatakan bahwa integrasi keuangan publik dengan prinsip syariah dapat mengatasi tantangan pembangunan sosial dan ekonomi mendesak yang tengah dihadapi negara-negara anggotanya.