Logo Bloomberg Technoz

Tukin Kemenko Perekonomian Bakal Naik Jadi 100%, Ini Alasannya

Azura Yumna Ramadani Purnama
05 October 2024 10:05

Ilustrasi mata uang rupiah. (Dok: Bloomberg)
Ilustrasi mata uang rupiah. (Dok: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Tunjangan kinerja (tukin) Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian (Kemeko Perekonomian) dikabarkan telah disetujui naik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPANRB) naik menjadi 100%.

Hal tersebut disampaikan oleh Menko Perekonomian Airlangga Hartarto tak lama setelah melakukan pertemuan dengan MenPANRB Abdullah Azwar Anas. “[Kenaikannya] 100%, [tukin] sudah-sudah [naik],” tutur Airlangga seraya mengacungkan jempol ketika ditemui di kantornya.

Sementara itu, Azwar Anas menyampaikan berdasarkan hasil evaluasi atas implementasi indeks Reformasi Birokrasi (RB) dan nilai Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) di tahun 2023, Kemenko Perekonomian meraih predikat Memuaskan dengan kategori A untuk Indeks RB serta capaian SAKIP dengan predikat Sangat Baik dengan kategori BB. 

Menpan RB, Abdullah Azwar Anas saat konfrensi pers mengenai gaji ke 13 dan THR. (Tangkaan layar Youtube Kemeneku RI)

Menurut Anas, implementasi reformasi birokrasi di Kemenko Perekonomian telah menerapkan seluruh aspek reformasi birokrasi tematik untuk mengakselerasi program prioritas Presiden. 

“Meskipun terdapat loncatan dalam capaian Indeks RB dan SAKIP dan menjadikan Kemenko Ekon sebagai salah satu yang tertinggi, masih terdapat beberapa catatan untuk terus diperbaiki oleh Kemenko Ekon, khususnya dalam simplifikasi aplikasi dan operabilitas,” kata Anas saat pertemuan itu, dikutip dari rilis resmi KemenpanRB.

Tukin Kemenhub Diputuskan Naik