Logo Bloomberg Technoz

National Independent Venue Association, sebuah kelompok perdagangan industri, mengirimkan surat kepada Kongres pada hari Rabu yang menyatakan bahwa setidaknya 9.000 tiket palsu telah dijual di platform resale dan menyerukan penyelidikan terhadap praktik penjualan tiket.

Live Nation menyampaikan posisi grup dan band tersebut dalam sebuah retweet pada hari Kamis. 

Laura Dooley, kepala global hubungan pemerintah di StubHub, mengatakan dalam sebuah pernyataan kepada Bloomberg pada hari Jumat bahwa tiket yang dijual perusahaan tersebut adalah sah.

“Tiket dapat muncul di pasar penjualan kembali sebelum dijual untuk umum karena banyak pemangku kepentingan industri, seperti pemegang tiket musiman, sponsor, dan pengecer profesional, menerima akses lebih awal - ini adalah kasus Oasis,” kata Dooley.

Vivid Seats juga memberikan tanggapan yang sama bahwa tiket Oasis dibeli dan dimiliki oleh penjual dan juga termasuk tiket dari program Seat Saver perusahaan, yang memungkinkan para penggemar untuk meminta penjual membeli tiket atas nama mereka.

“Sangat umum bagi penjual profesional untuk memiliki akses ke tiket sebelum penjualan umum dimulai, karena berbagai alasan, termasuk kesepakatan sponsor dan hubungan tiket musiman,” kata Vivid Seats dalam pernyataannya.

Tur Oasis menarik perhatian dunia setelah band ini mengumumkan bahwa mereka akan bersatu kembali setelah 15 tahun bubar akibat perselisihan antara dua anggota pendiri, kakak beradik Noel dan Liam Gallagher.

Beberapa lagu Oasis yang menjadi hits sekitar 20 tahun lalu adalah Wonderwall dan Don't Look Back in Anger. 

Setelah tiket mulai dijual untuk tanggal-tanggal tur di Inggris, penjualan tiket tersebut menuai kontroversi karena penggunaan “harga dinamis” yang menyebabkan perubahan nilai secara dramatis di tengah lonjakan permintaan. 

Oasis kemudian mengatakan bahwa mereka akan meninggalkan mekanisme penetapan harga tersebut untuk tanggal-tanggal di Amerika Serikat (AS), dengan Ticketmaster mengiklankan harga tiket sebesar US$81 hingga US$381 saat tiket dijual. Kursi premium dan paket tiket lebih mahal.

Live Nation telah dikecam karena praktik penjualan tiketnya sendiri. Departemen Kehakiman menuntut penyedia tiket tersebut karena diduga memonopoli pasar konser langsung.

(bbn)

No more pages