Logo Bloomberg Technoz

Dua tentara Israel tewas dalam pertempuran di Israel utara, kata IDF. Lembaga penyiaran publik Israel, KAN, menyatakan bahwa mereka terkena serangan pesawat tak berawak dari Irak.

Peta pertempuran Israel-Hizbullah yang melibatkan Iran.

Menteri Luar Negeri Iran Abbas Araghchi melakukan perjalanan ke Beirut hari Jumat dan bertemu dengan Perdana Menteri Lebanon Najib Mikati. Ia mengatakan telah membahas gencatan senjata dengan para pejabat Lebanon dan negara-negara lain di wilayah tersebut, menurut komentar yang ditayangkan di TV pemerintah Iran.

Araghchi menambahkan bahwa gencatan senjata apapun harus disetujui oleh Hizbullah dan Hamas dan berlaku bersamaan dengan gencatan senjata di Gaza.

AS dan pihak-pihak lain telah mendorong Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu untuk menyetujui gencatan senjata di wilayah Palestina dan Lebanon tanpa hasil.

Hizbullah telah membuat gencatan senjata dengan syarat yang sama di Gaza, dan Hamas belum mengindikasikan kesediaan untuk menyetujui persyaratan tersebut.

Perjalanan Araghichi ke ibukota Lebanon dilakukan tiga hari setelah Iran menembakkan 200 rudal balistik ke Israel sebagai pembalasan atas serangan terhadap Hizbullah dan pembunuhan seorang pemimpin Hamas pada bulan Juli, dan Netanyahu telah bersumpah untuk meresponsnya. Hal ini meningkatkan kekhawatiran akan serangan balasan yang dapat memicu perang di seluruh kawasan dan menyeret AS, sekutu utama Israel.

Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei - yang memimpin salat Jumat di Teheran untuk pertama kalinya sejak Januari 2020 - mengatakan kepada massa bahwa Republik Islam akan menyerang lagi jika perlu, setelah sejauh ini memberikan “hukuman seminimal mungkin” kepada Israel. Dia mendesak negara-negara Arab dan Muslim untuk bersatu melawan apa yang dia gambarkan sebagai musuh bersama. 

“Kami tidak akan ragu-ragu atau terburu-buru dalam memenuhi tugas kami,” kata Khamenei.

Sementara itu, hanya minyak menuju kenaikan mingguan terkuat dalam lebih dari satu tahun di tengah kekhawatiran bahwa Israel akan memutuskan untuk menyerang fasilitas minyak Iran. Ini juga terjadi usai Presiden Joe Biden mengatakan bahwa AS sedang mendiskusikan apakah akan mendukung langkah tersebut.

Aset-aset Israel telah terpukul, dengan nilai tukar shekel turun 2,5% terhadap dollar minggu ini, salah satu yang berkinerja terburuk secara global.

Netanyahu berada di bawah tekanan di dalam negeri untuk melakukan serangan balasan yang lebih besar terhadap Iran dibandingkan pada bulan April. Saat itu, Israel menyebabkan kerusakan terbatas pada fasilitas militer Iran sebagai pembalasan atas Teheran yang menembakkan 300 rudal dan pesawat drone, yang hampir semuanya dicegah.

Hasilnya serupa pada hari Selasa, meskipun Iran memberikan lebih sedikit peringatan dan lebih banyak rudal hingga menembus pertahanan udara Israel. Satu orang tewas di Tepi Barat, dan media Israel melaporkan bahwa beberapa pangkalan udara terkena serangan.

IDF mengkonfirmasi pada hari Jumat bahwa rudal menghantam satu pangkalan udara, Nevatim, tetapi mengatakan tidak ada kerusakan nyata yang terjadi.

Israel mengatakan bahwa tindakannya di Lebanon - lebih dari 1.500 orang telah tewas dalam serangan udara dalam beberapa pekan terakhir dan sekitar satu juta orang mengungsi, menurut para pejabat Lebanon - diperlukan untuk mengakhiri satu tahun serangan roket lintas batas oleh Hizbullah.

Serangan-serangan tersebut, yang dilakukan sebagai bentuk solidaritas terhadap Hamas, telah memaksa puluhan ribu warga Israel meninggalkan rumah-rumah mereka di bagian utara negara itu.

Lebanon mengatakan 37 orang lagi tewas akibat serangan pada hari Kamis dan lebih dari 150 orang terluka. Selain di Beirut, jet-jet tempur Israel juga menghantam Lebanon selatan, Lembah Bekaa di timur laut dan wilayah Gunung Lebanon di utara, kata kementerian kesehatan Lebanon.

Mengenal Iron Dome, pertahanan Israel yang dibobol Iran

Israel menghantam penyeberangan utama antara Suriah dan Lebanon, yang memutus rute tersebut sepenuhnya, menurut Kantor Berita Nasional Lebanon. Puluhan ribu orang telah melarikan diri ke Suriah, yang dituduh Israel telah mengizinkan penyelundupan senjata ke Hizbullah. Sementara itu, IDF memerintahkan evakuasi lebih dari 30 permukiman di Lebanon selatan.

Kelompok G7 memberi saran agar “menahan diri” kepada pihak-pihak yang bertikai dan memperingatkan tentang “eskalasi yang tak terkendali di Timur Tengah.”

Pembicaraan gencatan senjata antara Hamas dan Israel telah terhenti, namun pertempuran telah mereda dengan kelompok Palestina yang menderita kerugian besar. Hal ini memungkinkan Israel untuk lebih fokus pada wilayah utara dan Hizbullah.

Pertempuran di Gaza telah meluas ke Tepi Barat, di mana kontrol terbagi antara Israel dan Otoritas Palestina. Angkatan udara Israel semalam mengebom kota Tulkarm di Tepi Barat, menewaskan seorang pemimpin Hamas dan militan lainnya. Serangan tersebut juga menewaskan 18 orang di sebuah kamp pengungsi, kata kementerian kesehatan Palestina.

(bbn)

No more pages