Logo Bloomberg Technoz

Pertumbuhan Lapangan Kerja AS Melonjak, Pengangguran Turun

News
04 October 2024 20:01

Ilustrasi pegawai. (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi pegawai. (Sumber: Bloomberg)

Augusta Saraiva - Bloomberg News

Bloomberg, Pertumbuhan lapangan kerja AS pada bulan lalu melebihi semua perkiraan dengan peningkatan terbesar sejak Maret, sementara tingkat pengangguran turun secara tak terduga. Hal ini mengurangi kekhawatiran akan penurunan tajam di pasar tenaga kerja.

Data dari Biro Statistik Tenaga Kerja menunjukkan gaji non-pertanian (Nonfarm payrolls) naik sebanyak 254.000 pada September, setelah revisi naik sebesar 72.000 dalam dua bulan sebelumnya. Tingkat pengangguran turun menjadi 4,1%.

Bersama dengan data awal pekan ini yang menunjukkan permintaan pekerja masih kuat dan PHK tetap rendah, laporan ini kemungkinan meredakan kekhawatiran bahwa pasar tenaga kerja mendingin terlalu cepat. Angka ini juga dapat meningkatkan peluang bahwa pembuat kebijakan di bank sentral AS atau Federal Reserve (The Fed) hanya akan menurunkan suku bunga sebesar seperempat poin persentase bulan depan, setelah pemotongan yang lebih besar pada pertemuan September lalu.

Gubernur Federal Reserve, Jerome Powell, minggu ini menegaskan bahwa menjaga stabilitas pasar tenaga kerja adalah salah satu alasan utama di balik siklus pelonggaran suku bunga yang lebih agresif pada September. Powell dan rekan-rekannya percaya tidak ada perlunya langkah tambahan untuk mendinginkan pasar tenaga kerja guna mencapai target inflasi 2%.

Data pekerjaan AS. (Sumber: Bloomberg)