Logo Bloomberg Technoz

Pemerintah Siapkan BBM Rendah Sulfur, Begini Kata ESDM

Pramesti Regita Cindy
04 October 2024 19:30

Gedung ESDM. (Dok. ESDM)
Gedung ESDM. (Dok. ESDM)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menegaskan bahwa pemerintah sedang menyiapkan bahan bakar minyak (BBM) dengan kandungan sulfur yang lebih rendah, atau sesuai dengan standar Euro 4. Langkah ini diambil sebagai bagian dari upaya meningkatkan kualitas udara di Indonesia.

Menurut Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama (KLIK) Kementerian ESDM Agus Cahyono Adi peluncuran BBM rendah sulfur ini, nantinya akan bersamaan dengan penerapan kebijakan BBM subsidi yang tepat sasaran.

"Bahwa kita udah tau kualitas udara kita itu jelek. Salah satu penyebabnya adalah BBM kita masih mengambil sulfur yang agak tinggi. Sehingga menuju ke sana kan udah ada roadmapnya kan dikeluarin," jelas Agus ketika ditemui di Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat (4/10/2024). 

Sebelumnya, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi mengatakan pemerintah memiliki rencana untuk menyediakan BBM rendah sulfur bersubsidi tanpa menaikkan harganya.

Penyediaan BBM bersubsidi rendah sulfur akan dijalankan secara bertahap, dimulai dari Jakarta sebelum nantinya berjalan secara nasional pada 2028.