Logo Bloomberg Technoz

Kata ESDM Soal Skema Subsidi BBM Langsung Berbasis BLT

Pramesti Regita Cindy
04 October 2024 18:50

Ilustrasi Harga BBM (Bloomberg Technoz)
Ilustrasi Harga BBM (Bloomberg Technoz)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) angkat bicara perihal skema penyaluran subsidi berbasis bantuan langsung tunai atau BLT di era pemerintahan baru, Prabowo Subianto.

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama (KLIK) Kementerian ESDM Agus Cahyono Adi justru menuturkan bahwa skema subsidi langsung secara perorangan telah ada sejak lama dan direncanakan oleh pemerintah.

Pasalnya, rencana seperti itu menurutnya selalu masuk setiap tahun dalam Nota Keuangan, tetapi memang belum terdapat mekanisme yang sesuai untuk menjalankannya.

"Jadi nota keuangan kita bertahun-tahun di kebijakan subsidi itu selalu ada itu. Coba baca lagi. BBM menuju kepada subsidi langsung. Dari subsidi harga ke subsidi orang. Itu dicek di dokumennya, di nota keuangan, sudah beberapa kali menuju sana. Jadi itu terus dilanjutkan sampai benar-benar mekanisme pas," kata Agus ketika ditemui di Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat (4/10/2024).

Dengan demikian, pemberian BLT sebagai subsisdi hanyalah suatu konsep yang pada intinya adalah kebijakan pemerintah guna menjalankan subsidi BBM yang lebih kepada tepat sasaran.