Logo Bloomberg Technoz

Upacara HUT TNI: Dipimpin Jokowi Hingga Makan dan Sembako Gratis

Redaksi
04 October 2024 21:00

Presiden Joko Widodo (Jokowi). (Dok: Sekretaris Negara)
Presiden Joko Widodo (Jokowi). (Dok: Sekretaris Negara)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kepala Pusat Penerangan atau Kapuspen TNI, Mayor Jenderal Hariyanto mengatakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menjadi inspektur Upacara HUT ke-79 TNI. Upacara akan berlangsung di kawasan Monas mulai pukul 07.30 WIB, Sabtu (5/10/2024).

"Presiden Republik Indonesia sebagai Irup (inspektur upacara), nanti akan memeriksa pasukan memutar di Monas," kata Hariyanto kepada wartawan, Jumat (4/10/2024).

Menurut dia, seperti tahun sebelumnya, Jokowi akan melakukan pemeriksaan terhadap 22 batalyon TNI yang mengikuti upacara tersebut di Kawasan Monas. Selain itu, tahun ini, TNI juga akan kembali melakukan demonstrasi defile dan pawai alutsista dalam perayaan tersebut.

Yang berbeda, kata dia, justru semakin terbukanya kegiatan HUT TNI bagi masyarakat sipil. Dia mengklaim, masyarakat umum akan bisa mengakses lokasi HUT terutama saat parade alutsista dan demonstrasi kemampuan personil TNI. 

"Intinya pukul 07.30 WIB acara sudah dimulai, masyarakat bisa masuk dan enggak ada masalah, di semua pintu bisa masuk," ujar dia.