Logo Bloomberg Technoz

Edukasi Pasar Modal

Setahun Bursa Karbon Indonesia


Presiden Jokowi Resmikan Peluncuran Bursa Karbon Indonesia, BEI Jakarta, 26 September 2023. (Tangkapan Layar Youtube Setpres)
Presiden Jokowi Resmikan Peluncuran Bursa Karbon Indonesia, BEI Jakarta, 26 September 2023. (Tangkapan Layar Youtube Setpres)

Jakarta  - Bulan September lalu, tepat satu tahun sejak diluncurkannya Bursa Karbon di Indonesia. Inisiatif ini telah menjadi bagian penting dari upaya Indonesia dalam mengatasi perubahan iklim.

Bursa karbon dirancang sebagai mekanisme perdagangan yang memungkinkan pelaku industri untuk membeli dan menjual sertifikat pengurangan emisi maupun persetujuan teknis emisi karbon, dengan tujuan mengurangi emisi gas rumah kaca secara bertahap.

Bursa Karbon Indonesia secara resmi diluncurkan pada 26 September 2023. Peluncuran ini merupakan bagian dari komitmen pemerintah Indonesia untuk mengurangi emisi gas rumah kaca dan mendukung target mitigasi perubahan iklim, sejalan dengan Perjanjian Paris dan target emisi net zero netral karbon pada tahun 2060 atau lebih cepat.

Bursa karbon ini menjadi platform bagi perusahaan untuk memperdagangkan sertifikat karbon dan persetujuan teknis batas atas emisi, baik sebagai pembeli maupun penjual, berdasarkan emisi yang mereka hasilkan atau kurangi.

Inisiatif ini merupakan langkah konkret dalam mendukung komitmen Indonesia terhadap Perjanjian Paris untuk menurunkan emisi karbon hingga 31,89% pada 2030 atau bahkan hingga 43,20% dengan bantuan internasional. Selama tahun pertama beroperasi, bursa karbon telah mencapai beberapa pencapaian signifikan, meskipun tantangan dalam hal regulasi dan partisipasi industri masih ada.