Logo Bloomberg Technoz

Mengenal Apa Itu Iron Dome, Pertahanan Israel yang Dibobol Iran

Referensi
04 October 2024 15:26

Teknologi Iron Dome. (Dok: Ahmad Salem/Bloomberg)
Teknologi Iron Dome. (Dok: Ahmad Salem/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pada Selasa (1/10/2024), Israel kembali dihadapkan dengan serangan rudal besar-besaran dari Iran, yang menembakkan 180 rudal balistik dan hipersonik.

Meskipun, seperti dilansir dari BBC, Amerika Serikat mengklaim sebagian besar rudal berhasil dicegat oleh sistem pertahanan udara Israel, beberapa rudal tetap mengenai target vital seperti sekolah, restoran, dan pangkalan militer.

Insiden ini menjadi sorotan karena Iron Dome, sistem pertahanan udara andalan Israel, kembali “kebobolan.” Sebelum ini, pada Oktober 2023, roket yang ditembakkan kelompok Hamas juga berhasil menembus pertahanan Iron Dome.

Jadi, apa sebenarnya Iron Dome dan mengapa ia bisa ditembus? Berikut ulasan Bloomberg Technoz yang dilansir dari berbagai sumber.

Apa Itu Iron Dome?

Iron Dome adalah salah satu dari beberapa sistem pertahanan udara yang diandalkan Israel untuk melindungi wilayahnya dari serangan rudal dan roket. Israel, yang terus terlibat dalam konflik dengan negara-negara Arab sejak 1948, memiliki beberapa sistem pertahanan yang canggih seperti David’s Sling, Arrow 2, dan Arrow 3, selain Iron Dome. Masing-masing sistem memiliki fungsi berbeda sesuai dengan jenis dan jarak rudal yang dihadapi.