Logo Bloomberg Technoz

Kata Survei Soal Elektabilitas Cagub DKI Jakarta Jelang Debat

Redaksi
04 October 2024 14:10

Ilustrasi Ridwan Kamil, Pramono Anung, dan Dharma Porengkeun (Bloomberg Technoz)
Ilustrasi Ridwan Kamil, Pramono Anung, dan Dharma Porengkeun (Bloomberg Technoz)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Jakarta akan menggelar debat perdana tiga pasangan calon Pilkada Serentak 2024, Ahad ini (6/10/2024). Debat akan mengangkat tema Transformasi Kota Global dan berlangsung di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Para calon sendiri sudah mulai menjalani kampanye pemenangan sejak 25 September lalu. Mereka adalah paslon nomor urut 1 Ridwan Kamil-Suswono; nomor urut 2 Dharma Pongrekung-Kun Wardana; dan nomor urut 3 Pramono Anung-Rano Karno.

Tiga pasangan calon tersebut mulai untuk terus menggenjot elektabilitas dan popularitasnya menjelang hari pencoblosan, 27 November mendatang. Selain kampanye, debat para calon berpotensi menjadi ajang untuk menggaet dukungan terutama bagi pemilih yang belum menentukan pilihan.

Beberapa lembaga survei memang telah mengeluarkan hasil sigi terhadap angka elektabilitas tiga pasangan calon tersebut. Sebagian besar survei diambil bersamaan dengan penetapan para calon oleh KPUD Jakarta; atau belum masuk pada periode kampanye. 

Meski seluruh calon sebenarnya sudah mulai melakukan safari ke sejumlah tokoh dan kelompok sebelum berstatus resmi sebagai paslon pada Pilkada DKI Jakarta.