Logo Bloomberg Technoz

“Apakah ada feedback [pemberian] ke saudara AK? Ini ada penempatan dana di beberapa tempat ya di [sejumlah] sekuritas ya. Ini yang sedang kita dalami."

Sebelumnya, KPK memang telah menyampaikan modus investasi fiktif yang dilakukan oleh perusahaan pelat merah tersebut. Tim penyidik mendeteksi bahwa terdapat kerugian yang dialami oleh PT Taspen bukanlah sekedar karena risiko bisnis, melainkan ada sejumlah modus korupsi yang dijalankan dengan membalut seolah-olah kerugian investasi.

“Kerugian dan lain-lain sesuai undang-undang PT [perseroan terbatas], kalau sudah mengikuti prosedurnya dan lain-lainnya yaitu menjadi risiko bisnis,” kata Asep.

“Tetapi ketika penempatan sejumlah dana itu dalam rangka bisnis tetapi tidak mengikuti aturan-aturan yang ada, tentu itu menjadi perbuatan [melanggar] hukum. Sehingga ketika timbul kerugian menjadi kerugian keuangan negara”

Tim penyidik memang belakangan ini kerap melakukan pemanggilan dan pemeriksaan sebagai saksi terhadap sejumlah perusahaan sekuritas. Diantaranya adalah PT Insight Investments Management dan PT Sinarmas Sekuritas.

(fik/frg)

No more pages