Logo Bloomberg Technoz

PTDI & Koharmatau Kerja Sama Modernisasi Pesawat C-130 TNI AU

Pramesti Regita Cindy
04 October 2024 13:10

Pesawat CN 235 buatan PT Dirgantara Indonesia. (Dok. PTDI)
Pesawat CN 235 buatan PT Dirgantara Indonesia. (Dok. PTDI)

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT Dirgantara Indonesia (PTDI) resmi menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan Komando Pemeliharaan Material Angkatan Udara (Koharmatau) untuk memodernisasi pesawat C-130 Hercules milik TNI AU.

Penandatanganan perjanjian kerja sama ini dilakukan oleh Direktur Utama PTDI Gita Amperiawan dan Komandan Koharmatau (Dankoharmatau) Marsekal Muda TNI Oki Yanuar, di Ruang Courtesy Call Koharmatau, Bandung.

Kerja sama ini mencakup program penggantian Center Wing Box (CWBR) dan peningkatan sistem avionik (AUP) pada sembilan unit pesawat C-130 Hercules. Pekerjaan tersebut akan dilaksanakan di Hanggar Aircraft Services (ACS) PTDI. Persiapan untuk unit pertama akan dimulai pada Oktober 2024 di Depohar 10, dengan pergeseran pesawat ke PTDI pada November 2024.

Waktu pengerjaan CWBR diperkirakan membutuhkan waktu kurang lebih 5 bulan, sedangkan AUP diperkirakan selama 6 bulan.

"Melalui kolaborasi ini PTDI dan Koharmatau dapat saling memperkuat kompetensi dan kemampuan dalam pengelolaan pesawat C-130 Hercules, yang merupakan salah satu aset vital bagi Angkatan Udara kita," kata Gita dalam keterangan resminya, dikutip Jumat (4/10/2024).