Logo Bloomberg Technoz

"Kanker itu kan penyakit yang sangat ditakuti oleh masyarakat. Sebenarnya dengan teknologi yang sekarang ada, asal deteksinya dini, itu bisa diobati 90%, bisa dirawat, dan bisa sembuh juga," ungkap Menkes dalam keterangan tertulis, Jumat (4/10/2024).

Dengan teknologi saat ini, Menkes juga mengatakan, kanker dapat disembuhkan jika terdeteksi sejak dini. Namun, masyarakat perlu rutin melakukan skrining dan tidak takut memeriksakan diri. "Pencegahannya juga sudah ada, misalnya kanker serviks dapat dicegah dengan imunisasi HPV," jelasnya lebih lanjut.

Untuk mendukung penanganan kanker, pemerintah berkomitmen menambah fasilitas dan alat kesehatan di rumah sakit di seluruh Indonesia.

Hingga 2027, akan tersedia tambahan alat diagnostik seperti 276 mammografi, 236 CT scan, 34 SPECT-CT, dan 8 PET-CT. Selain itu, pemerintah akan meningkatkan kapabilitas rumah sakit di 514 kabupaten/kota dan 38 provinsi untuk menyediakan layanan kanker lengkap, termasuk layanan paliatif.

Dengan adanya rencana komprehensif ini, diharapkan Indonesia dapat menjadi contoh dalam pengendalian kanker di tingkat regional maupun global.

Disebutkan Indonesia menghadapi tantangan besar dalam penanganan kanker, dengan lebih dari 400.000 kasus baru setiap tahunnya dan 230.000 kematian akibat kanker.

(dec/roy)

No more pages