Logo Bloomberg Technoz

Alasan Aplikasi Temu dari China Bisa Bikin Pengguna Ketagihan

Whery Enggo Prayogi
04 October 2024 11:00

Ilustrasi Temu, platform perdagangan online milik PDD Holding. (Bloomberg)
Ilustrasi Temu, platform perdagangan online milik PDD Holding. (Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pemerintah Indonesia menyatakan Temu, platform e-commerce internasional milik PDD Holdings Inc, menjalankan aktivitas perdagangan cross border. Hal yang membuat setiap barang di aplikasinya amat murah. Berbagai gimik juga hadir pada Temu hingga membuat pengguna semakin betah berlama-lama di dalam aplikasi.

Apptopia, sebuah lembaga riset pernah menyampaikan bahwa Temu lebih membuat ketagihan pengguna bahkan dibandingkan dengan Amazon atau Alibaba.

Angka ketagihan berlama-lama di platform Temu 18 menit/hari dalam hasil kajian Apptopia kuartal kedua—bakal meningkat menjadi 22 menit/hari pada Oktober. Bandingkan dengan 10 menit untuk Amazon dan 11 menit untuk AliExpress milik Alibaba Group Holding Ltd.

Peringkat pengguna menghabiskan waktu pada sebuah aplikasi belanja online, Temu ada di peringkat pertama. (Dok: Bloomberg)

Faktor yang Buat Pengguna Temu Ketagihan

Pengembangan aplikasi Temu tidak hanya sekedar berbelanjant tapi gim permainan yang memancing untuk mendapat hadiah. Temu diketahui memiliki gim seperti memutar roda seperti rolet  dengan tujuan memenangkan kupon.

Temu, yang telah hadir di lebih dari 40 negara, juga menawarkan penambahan poin jika pengguna membeli sebuah barang dalam waktu 10 menit. Temu menjadi aplikasi teratas Apple Inc hampir setiap hari tahun ini di Amerika Serikat (AS).