Logo Bloomberg Technoz

RI Ngotot Gabung OECD, Harmonisasi 243 Indikator Bareng 64 K/L

Azura Yumna Ramadani Purnama
04 October 2024 10:10

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto saat acara Seminar Nasional Outlook Perekonomian Indonesia 2024. (Youtube PerekonomianRI)
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto saat acara Seminar Nasional Outlook Perekonomian Indonesia 2024. (Youtube PerekonomianRI)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyatakan pemerintah telah membentuk tim nasional aksesi keanggotaan Organization for Economic Co-operation and Development (OECD) yang terdiri dari 64 Kementerian/Lembaga (K/L).

Nantinya, tim nasional tersebut akan bermitra dengan 26 komite di OECD untuk mengharmonisasi 243 standar atau instrumen sesuai dengan standar anggota OECD.

“Nanti akan berproses untuk mempersiapkan initial memorandum, diharapkan initial memorandum ini bisa selesai Desember 2024,” kata Airlangga dalam konferensi pers di kantornya, Kamis (3/10/2024).

Airlangga menyatakan proses aksesi untuk menjadi anggota secara penuh tersebut akan dibantu dengan platform INA-OECD, yang diklaim dapat mempercepat waktu aksesi dengan memanfaatkan platform digital tersebut.

Sementara itu, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyatakan platform INA-OECD akan menjadi platform tolak ukur kemajuan harmonisasi aturan sesuai dengan standar OECD.