Logo Bloomberg Technoz

Penyebab Apple Lebih Jor-joran Investasi di Vietnam, RI Kalah

Redaksi
04 October 2024 07:30

Jaringan ritel Apple saat penjualan perdana iPhone 16. (Bloomberg)
Jaringan ritel Apple saat penjualan perdana iPhone 16. (Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Tingginya komitmen investasi produsen iPhone asal Amerika (AS), Apple Inc di Vietnam, hingga mengalahkan Indonesia, disebabkan permintaan penghapusan pajak dalam jangka panjang yang tidak bisa dipenuhi pemerintah.

Menteri Kominfo Budi Arie Setiadi menyampaikan pembebasan pajak 50 tahun disanggupi oleh Vietnam. Buat pemerintah Indonesia “tax holiday-nya kegedean, permintaan dia terlalu berat,” dalam keterangannya di Jakarta, Kamis (3/10/2024).

Menurut Budi, pemerintah Vietnam berani memberikan tax holiday bagi industri manufaktur hingga 50 tahun. Sedangkan Indonesia hanya berkisar 5-10 tahun.

Pemerintah Vietnam memang sengaja memberikan insentif besar karena negara tersebut butuh banyak lapangan pekerjaan karena memiliki 200 ribu tenaga kerja, jelas Budi Arie.

Keberhasilan Vietnam ini karena pemerintahan di sana “menawarkan begitu luar biasa, tapi kan kita sebagai negara bangsa harus itung dong," ujar Budi dalam keterangannya bulan April.

CEO Apple Inc Tim Cook bertemu Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (17/4/2024). (Kris - Biro Pers Sekretariat Presiden)