Logo Bloomberg Technoz

Data menunjukkan bahwa penurunan terbesar dalam klaim terjadi di negara bagian Georgia dan Florida, sementara North Carolina, South Carolina, dan Tennessee juga mengalami sedikit penurunan. Secara keseluruhan, negara-negara bagian yang terkena dampak Badai Helene pada akhir minggu lalu mengalami penurunan klaim hingga lebih dari 3.000..

Menurut Stephen Stanley, kepala ekonom di Santander US Capital Markets, badai ini mungkin sementara mengurangi klaim karena banyak pekerja yang terdampak belum sempat mengajukan permohonan.

"Hal ini mencerminkan fakta bahwa kantor tenaga kerja di beberapa daerah mungkin tutup menjelang akhir minggu lalu, dan penduduk sibuk dengan pekerjaan lain sehingga cenerung tidak punya waktu untuk mengajukan tunjangan pengangguran," tulis Stanley dalam sebuah catatan. "Dampak badai akan berbalik ke depannya, karena orang-orang yang kehilangan pekerjaan akibat kerusakan akibat badai kemungkinan akan menambah jumlah klaim selama beberapa minggu."

Menurut firma penempatan kerja Challenger, Gray & Christmas, jumlah PHK yang diumumkan oleh perusahaan-perusahaan AS relatif stabil sepanjang tahun ini, dengan sebagian besar terjadi di sektor teknologi, yang biasanya menawarkan paket pesangon besar sehingga para pekerja jarang mengajukan klaim pengangguran. Namun, beberapa perusahaan besar seperti CVS Health Corp baru-baru ini mengumumkan PHK hingga 2.900 pegawai.

Ke depan, pemogokan pekerja di pelabuhan-pelabuhan di sepanjang pantai timur AS hingga Teluk Meksiko dapat menambah volatilitas klaim pengangguran di sektor-sektor yang berkaitan dengan pengiriman. Bloomberg Economics memperkirakan bahwa penghentian kerja yang berkepanjangan dapat memangkas daftar gaji nasional sebanyak 80.000 jika berlangsung lebih dari dua minggu.

"Pemogokan yang berkepanjangan dapat memaksa pemasok untuk memberhentikan sementara pekerja yang tidak mogok, yang memenuhi syarat untuk mendapatkan tunjangan asuransi pengangguran. Itu akan menambah distorsi dan risiko penurunan ekonomi," kata Eliza Winger dari Bloomberg Economics.

Sementara itu, data pekerjaan September yang akan dirilis Jumat (04/10/2024) ini diharapkan menunjukkan pertumbuhan yang moderat dalam daftar gaji, dengan tingkat pengangguran diperkirakan stabil di angka 4,2%.

(bbn)

No more pages