Logo Bloomberg Technoz

Setahun Diluncurkan, Transaksi Bursa Karbon RI Baru Capai Rp37 M

Sultan Ibnu Affan
03 October 2024 19:00

Ilustrasi Bursa Karbon (Bloomberg Technoz)
Ilustrasi Bursa Karbon (Bloomberg Technoz)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Genap satu tahun, Bursa Efek Indonesia (BEI) hanya mencatatkan transaksi perdagangan bursa karbon sebesar Rp37 miliar. Nilai tersebut terbilang masih sangat minim atau tak sampai 1% jika dibandingkan dengan target potensi nilai kredit karbon di Indonesia yang bisa mencapai Rp3.000 triliun.

"Saat ini transaksi Bursa Karbon Indonesia telah diperdagangkan dengan nilai lebih dari Rp37 miliar," uja Direktur Utama BEI Iman Rachman disela acara Peringatan Satu Tahun Bursa Karbon di Jakarta, Kamis (3/10/2024).

Total transaksi itu tercatat usai jumlah Sertifikat Pengurangan Emisi Gas Rumah Kaca (SPE-GRK) atau kredit karbon yang diperdagangkan sebesar 613.894 ton CO2 ekuivalen, dengan pengguna jasa sebanyak 81.

Dari 613.894 ton yang diperdagangkan itu, ada lebih dari 420,150 ton unit karbon telah digunakan sebagai offset melalui proses retirement, yang berasal dari 3 proyek SPE-GRK.

"Kita patut optimis dengan pencapaian ini mengingat di tengah tantangan perdagangan karbon yang dialami berbagai negara," ujar Iman.