Logo Bloomberg Technoz

Selain ANZ, Keluarga Gunawan juga Kaji Lepas Saham Panin (PNBN)

Sultan Ibnu Affan
03 October 2024 18:20

Mu’min Ali Gunawan, Pendiri PaninBank. Foto: Tangkapan Layar YouTube Channel PaninBank Official
Mu’min Ali Gunawan, Pendiri PaninBank. Foto: Tangkapan Layar YouTube Channel PaninBank Official

Bloomberg Technoz, Jakarta - Keluarga Gunawan, pendiri Panin Group dikabarkan sedang mempertimbangkan potensi melepas seluruh kepemilikan sahamnya di PT Bank Pan Indonesia Tbk (PNBN). Keputusan ini diambil mengikuti jejak ANZ Group Holdings Ltd atau ANZ Bank.

Berdasarkan laporan Bloomberg News, seorang narasumber mengatakan bahwa, keluarga Mu'min Ali Gunawan alias Lie Mo Ming, yang mendirikan Panin sejak 1971 silam, berencana akan melepas kendalinya di Bank Panin dengan memangkas dari total 46,52% kepemilikan sahamnya.

Sumber itu melanjutkan, seorang pembeli harus membuat penawaran umum untuk Bank Panin, yang saat ini memiliki nilai kapitalisasi pasar sekitar US$2,4 miliar atau sekitar Rp37 triliun.

Para pemegang saham itu juga telah menunjuk Citigroup  Inc, membuka tab baru untuk menjalankan proses penjualan, kata sumber tersebut, yang menolak disebutkan namanya karena informasi masih bersifat rahasia.

Proses penjualan resmi tersebut juga disebut akan berlangsung selama beberapa pekan ke depan. Keluarga Gunawan fleksibel dalam menentukan berapa banyak saham yang dapat dijual, tergantung pada harga penawaran.