Logo Bloomberg Technoz

Anggota DPR Dengan LHKPN Tertinggi dan Terendah: Rusdi Kirana

Muhammad Fikri
03 October 2024 17:00

Rusdi Kirana, Pemilik Lion Air. (Dok: Dimas Ardian/Bloomberg)
Rusdi Kirana, Pemilik Lion Air. (Dok: Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi mengklaim telah menerima seluruh data Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) 580 anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dan 152 anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) periode 2024-2029.

Berdasarkan data tersebut, politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Rusdi Kirana tercatat sebagai anggota legislatif dengan jumlah harta dan kekayaan tertinggi. Bos dan co-founder Lion Air tersebut tercatat memiliki total kekayaan mencapai Rp2,6 triliun.

Pada posisi kedua, ada politikus baru dari Partai Demokrat dari Daerah Pemilihan Jawa Barat I, Fathi. Belum terlalu banyak informasi tentang politikus berusia 42 tahun ini. Akan tetapi, berdasarkan data yang diserahkan ke KPK, politikus ini mengklaim punya harta hingga Rp1,7 triliun.

Dua politikus ini bahkan punya kekayaan di atas putri Presiden Soeharto, Siti Hediati Soeharto atau Titiek Soeharto. Mantan istri Presiden terpilih Prabowo Subianto tersebut hanya mencatatkan hartanya sebesar Rp709 miliar.

Beberapa politikus yang lolos ke DPR pun ada yang tercatat hanya memiliki harta di bawah Rp1 miliar. Dua di antaranya, bahkan mencatatkan hartanya tak sampai Rp500 juta.