Logo Bloomberg Technoz

Contoh Soal Tes SKD CPNS 2024 Lengkap, TWK, TIU dan TKP

Referensi
03 October 2024 15:39

Test CAT dalam rangka rekrutmen CPNS. (Menpan.go.id)
Test CAT dalam rangka rekrutmen CPNS. (Menpan.go.id)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS 2024 adalah salah satu tahapan penting yang harus dilalui oleh para pelamar untuk bisa menjadi bagian dari Aparatur Sipil Negara (ASN).

Tes ini akan dilaksanakan dari 2 Oktober hingga 8 Oktober 2024. Setelah proses SKD selesai, peserta yang berhasil melampaui nilai ambang batas atau passing grade akan melanjutkan ke Seleksi Kompetensi Bidang (SKB).

Tes SKD CPNS terdiri dari tiga bagian utama, yaitu Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Untuk dapat lolos SKD, penting bagi setiap peserta memahami format soal serta strategi yang tepat dalam menjawabnya. Berikut ini adalah beberapa contoh soal SKD CPNS 2024 dan tips untuk sukses dalam menghadapinya yang dirangkum Bloomberg Technoz dari berbagai sumber.

Format dan Skema Penilaian SKD CPNS 2024

Format penilaian pada SKD CPNS tahun ini masih sama dengan tahun-tahun sebelumnya. Setiap jawaban benar pada soal TIU dan TWK bernilai 5, sementara jawaban salah atau tidak dijawab akan bernilai 0. Untuk soal TKP, tidak ada jawaban yang salah; setiap jawaban akan diberi skor antara 1 hingga 5 berdasarkan kualitas jawaban, sedangkan jika tidak dijawab, skor yang diberikan adalah 0.

Agar dapat lulus SKD, peserta harus mencapai nilai minimum atau passing grade yang telah ditetapkan, yaitu:

  • TWK: 65

  • TIU: 80

  • TKP: 166