Logo Bloomberg Technoz

PDIP Soal 3 Kader jadi Calon Menteri Prabowo: Tunggu Megawati

Mis Fransiska Dewi
03 October 2024 16:20

Ini Dia 13 Jagoan PDIP (Dok. PDIP)
Ini Dia 13 Jagoan PDIP (Dok. PDIP)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Ketua DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Said Abdullah mengatakan, Ketua Umum Megawati Soekarnoputri belum memberikan respon atau restu terhadap kader partai berlambang kepala banteng tersebut untuk bergabung dengan kabinet pemerintahan Prabowo Subianto.

Belakangan, Presiden terpilih Prabowo kabarnya memberikan jatah kursi menteri pada pemerintahannya kepada PDIP. Sebuah sinyal akan bergabungnya PDIP yang sebelumnya diduga akan menjadi satu-satunya oposisi pada pemerintahan Prabowo-Gibran Rakabuming Raka.

Bahkan, ketua umum Partai Gerindra tersebut sampai memberikan tiga kursi yaitu Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) kepada Budi Gunawan; Menteri Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi kepada Abdullah Azwar Anas; dan satu posisi kepada Bendahara Umum PDIP Olly Dondokambey.

"Belum ada sinyal dari Ibu ketua umum. Tiga nama itu, baik pak Budi Gunawan, baik pak Azwar Anas, baik bapak Olly Dondokambey menunggu keputusan dari DPP dan Ibu Ketua Umum,” ujar Said di Kompleks DPR, Kamis (3/10/2024). 

Toh, kata dia, PDIP sama sekali belum pernah terlibat dalam pembahasan tentang kabinet pemerintahan Prabowo-Gibran. Dia pun mengklaim, belum ada kepastian partai tersebut akan merapat dan menjadi bagian dari koalisi pemerintahan mendatang.