Logo Bloomberg Technoz

Ini HP Pertama yang Kebagian Android 15, Bukan Google Pixel

Referensi
03 October 2024 15:27

Google Pixel 9. (Dok: Blog Google)
Google Pixel 9. (Dok: Blog Google)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Perkembangan teknologi sistem operasi terus mengalami inovasi. Setiap tahun, Android merilis versi terbarunya dengan fitur-fitur canggih yang dirancang untuk meningkatkan pengalaman pengguna. Biasanya, ponsel Google Pixel menjadi yang pertama menerima update ini. 

Namun, hal tersebut tidak berlaku untuk Android 15 yang diumumkan pada awal September 2024. Anehnya, sejumlah ponsel dari produsen asal China, Vivo, telah mendapatkan pembaruan ini lebih cepat.

Vivo Mendahului Pixel

Berita mengejutkan datang dari lini ponsel Vivo X100 Series, Vivo X Fold 3 Pro, dan sub-merek iQoo 12, yang sudah menerima update Android 15 pekan ini. Menurut laporan dari Ishan Agarwal dan Alvin, dua pengguna aktif Twitter (X) yang sering membocorkan info terbaru terkait pembaruan smartphone, ketiga ponsel Vivo tersebut sudah menikmati FuntouchOS 15, antarmuka berbasis Android 15, dalam versi stabil, bukan beta.

Versi stabil ini berarti pengguna bisa merasakan fitur-fitur baru Android 15 dengan lebih aman dan tanpa bug. Vivo sendiri dikabarkan akan meluncurkan Android 15 secara bertahap ke beberapa perangkat lain dalam beberapa waktu ke depan, bahkan sebelum Google merilisnya untuk ponsel Pixel.

Mengapa Google Tertinggal dalam Meluncurkan Android 15?

Google, sebagai pengembang utama Android, biasanya lebih dulu memperkenalkan versi terbaru sistem operasinya ke perangkat Pixel. Namun, dalam kasus Android 15, justru Google Pixel 9 Series diprediksi baru akan mendapatkan pembaruan pada 15 Oktober 2024. Hal ini memunculkan pertanyaan: mengapa ponsel buatan Google justru "tertinggal" dalam menghadirkan update terbaru?