Logo Bloomberg Technoz

R&I Pertahankan Peringkat Utang RI di Level BBB+, Prospek Positif

Redaksi
03 October 2024 13:41

Ilustrasi utang Indonesia (Dennis A Pratama/Bloomberg Technoz)
Ilustrasi utang Indonesia (Dennis A Pratama/Bloomberg Technoz)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Rating and Investment Information, Inc. (R&I) mempertahankan peringkat utang atau sovereign credit rating Indonesia pada level BBB+ dengan prospek positif, Senin (30/9/2024). 

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengklaim peringkat yang diberikan oleh R&I ini menunjukkan fundamental ekonomi Indonesia kuat, didukung peningkatan pendapatan per kapita, dan demografi dan sumber daya alam yang melimpah. 

"Sektor manufaktur yang terus berkembang, serta pengelolaan kebijakan fiskal yang prudent dengan beban utang pemerintah yang relatif terkendali," demikian tertulis dalam keterangan pers Kementerian Keuangan, Kamis (3/10/2024). 

Selain itu, R&I menilai perekonomian Indonesia pada 2023 mampu tumbuh solid di atas 5% melanjutkan kinerja sejak 2022. Pada 2024 ini, pertumbuhan masih menguat pada semester pertama dan diperkirakan akan tetap berada di kisaran 5% sampai akhir tahun. 

Pemerintah memproyeksi pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) riil Indonesia pada kisaran 5,0-5,2% pada 2024, dengan sinergi bersama Bank Indonesia (BI) untuk menjaga stabilitas harga dan tingkat inflasi.